Sabtu, 14 November 2020

H I N D U

  • Pengertian SAD RIPU Pengertian, Bagian, dan Contoh SAD RIPU Dalam pandangan hindu, dari dulu hingga di akhir jaman, telah mengajarkan manusia akan musuh dalam kehidupannya. Musuh yang selalu ada dalam setiap jejak kita melangkah dalam kehidupan ini yang berada pada dalam diri manusia itu sendiri. Musuh yang dimaksud adalah Sad Ripu yang dapat membawa manusia jatuh dan terjerumus ke tempat kegelapan. Sad Ripu berasal dari kata sad yang berarti enam dan ripu yang berarti musuh. Jadi secara harfiah Sad Ripu berarti enam musuh yang berada dalam diri manusia. Enam musuh ini memberikan pengaruh yang berbeda – beda, bila kita tidak dapat mengendalikanya maka akan jatuh ke dalam kesengsaraan. Oleh karena itu hendaknya manusia harus mengetahui dan bisa mengendalikan enam musuh yang ada dalam diri masing – masing. berikut adalah 6 musuh yang ada dalam diri manusia : 
  • Kama Kama artinya hawa nafsu. Nafsu apabila menjadi positif itu baik, contohnya nafsu makan. Namun, nafsu bisa juga menjadi negatif ketika manusia terperosok ke dunia Sad Ripu ini. Hendaknya, manusia dapat mengendalikan Nafsunya ke ajaran yang benar. Contoh Perbuatan Kama yaitu, Suka Mencuri dan Suka Memperkosa 
  •  Lobha Lobha artinya tamak atau rakus. yang negatif sehingga merugikan orang lain. Sifat lobha menyebabkan seseorang tidak pernah merasa puas akan yang dimilikinya. Maka, muncul lah perbuatan perbuatan tercela seperti mencuri, merampok, dan sebagainya. Sebenarnya, Lobha jika di arahkan ke hal positif hasilnya pun juga positif seperti rakus akan ilmu pengetahuan, rasa ingin tahu yang tinggi, dan sebagainya dapat menyebabkan berkembangnya otak kita. 
  • Krodha Krodha artinya marah. Marah yang berlebihan dapat menyebabkan kerugian bagi kita sendiri dan orang lain seperti menyebabkan tindakan tindakan anarkis yang dapat menyebabkan tindak kriminal. Sementara, marah juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Terlalu sering marah juga dapat menyebabkan penyakit jantung. 
  •  Moha Moha artinya Bingung. Bingung dapat menyebabkan pikiran menjadi gelap sehingga seseorang tidak dapat berfikir secara jernih. Hal ini akan menyebabkan orang tersebut tidak mampu membedakan mana yang baik dan buruk. Akibatnya hal – hal yang menyimpang akan dilakukannya. 
  •  Mada Mada artinya mabuk. Orang mabuk pikiran tidak berfungsi secara baik. Akibatnya timbulah sifat – sifat angkuh, sombong, takabur dan mengucapkan kata – kata yang menyakitkan hati orang lain. Mabuk juga dapat ditimbulkan karena minum minuman keras. Dengan minum minuman keras yang berlebihan akan menyebabkan seseorang kehilangan kesadaran, sehingga menimbulkan perilaku yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.  6. Matsarya Matsarya berarti dengki atau iri hati. Hal ini akan menyiksa diri sendiri dan dapat merugikan orang lain. Orang yang matsarya merasa hidupnya susah, miskin, bernasib sial, sehingga akan menyiksa batinnya sendiri. Selain itu bila iri terhadap kepunyaan orang lain maka akan menimbulkan rasa ingin memusuhi, berniat jahat, melawan dan bertengkar,menyakiti, sehingga merugikan orang lain 
  •  semoga bermanfaat sering wa 085339191743

Tidak ada komentar:

Posting Komentar